Monday, October 1, 2012

10 Skin Care Ingredients to Avoid (part 1)



Tahukah anda kalo kulit kita adalah bagian dari tubuh kita yang paling besar? Kulit kita menyerap apapun yang kita oleskan, seperti lotion, oil dan sebagainya dan membawanya langsung ke aliran darah. Padahal, seperti yang udah pernah saya tulis di postingan sebelumnya (safe cosmetics), engga semua skin care itu aman.  Ada ingredients yang musti kita hindari. Detik.com hari Jumat tanggal 21 September 2012 juga menurunkan berita tentang ingredients berbahaya dalam kosmetik





Selain formaldehyde dan mercury, yang merupakan popular toxic ingredients, menurut beberapa sumber yang saya rangkum – termasuk dari website Environmental Working Group dan Safe Cosmetics, paling tidak ada 10 ingredients dalam skin care lainnya yang wajib dihindari..

1. Triclosan
Triclosan adalah ingredients utama yang sering dipake di produk-produk antibacterial karena fungsinya yang mampu mematikan bakteri di kulit. Dalam penelitian mengenai efek samping triclosan, ditemukan bahwa ingredients ini bersifat karsinogen, menimbulkan racun ketika terekspos ke sinar matahari, menurunkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan resiko birth defect. List produk yang mengandung triclosan bisa dilihat di http://drbenkim.com/articles/triclosan-products.htm

2. Phthalates
Phthalates adalah ingredients yang membuat plasic material menjadi flexible. Ingredients ini ada dalam curtain, mainan anak dsb sebagai unsur plastic yang kemudian juga ada di dalam berbagai jenis produk skin care, terutama parfum. Phthalates  mempengaruhi fertilitas dan hormone baik pada pria dan wanita, meracuni liver, meningkatkan resiko kanker payudara, menimbulkan alergi dan meningkatkan resiko birth defect. Phthalates biasanya dicampurkan ke skin care untuk membuat wanginya tahan lama. Itu sebabnya komponen “fragrance” dalam suatu produk perlu diwaspadai apakah mengandung zat ini.

3. Fragrance
Fragrance ini pada dasarnya adalah ingredients yang engga jelas terdiri dari apa aja. Fragrance disebut-sebut sebagai “loop hole” ingredients! Asal tau aja, komponen fragrance itu bisa up to 4000 ingredients yang sifatnya carcinogen dan toxic – termasuk yang biasa masuk dalam komponen fragrance adalah phthalates. Akibatnya, fragrance bisa menimbulkan macam-macam reaksi, mulai dari iritasi kulit, pusing, mual, muntah sampai gangguan system saraf, depresi dan hiperaktif. Scary, huh?

4. Parabens (methyl, propyl, butyl, and ethyl)

Paraben ini fungsinya adalah sebagai pengawet dan biasanya ada di produk skin care yang mengandung komposisi air cukup banyak seperti shower gel, lotion, scrub, shampoo, conditioners, scrub. Efek samping paraben ini adalah meningkatkan resiko terhadap kanker payudara dan mengganggu hormone reproduksi. Warning: highly toxic!


No comments:

Post a Comment