Monday, October 8, 2012

Organic, Green and Healthy Expo 2012: Opening Ceremony

Organic Green and Healthy Expo yang kedua kembali diadakan pada tahun ini pada tanggal 5 – 7 Oktober 2012, bertempat di Tebet Green Mall. Saya mendapat info tentang expo ini berikut undangan menghadiri opening ceremony-nya via email dari Green Shop and I was so excited to attend this expo! Saya penasaran dengan produk-produk organic terutama yang dihasilkan oleh small medium enterprises di Indonesia.


The opening ceremony diadakan pada hari Jumat, 5 October 2012 pada pukul 2pm oleh Ibu Yasmine Wiryawan, yang adalah istri dari Bapak Gita Wiryawan, the Minister of Trade of Indonesia. Saya register untuk menghadiri opening ceremony bersama 2 teman lain via email dan kami cukup bingung mencari-cari meja registrasi – yang ternyata tidak ada meja registrasi ataupun papan petunjuk arah ke hall, apalagi ini kali pertama saya dan temen-temen mengunjungi Tebet Green Mall.

Anyway, opening ceremony dibuka oleh beberapa performance yang dilanjutkan oleh speech, mulai dari ketua pelaksana, perwakilan KADIN bidang lingkungan hidup, perwakilan Tebet Green Mall sampai ke Ibu Yasmine Wiryawan sebagai pamungkas opening ceremony. Disebutkan oleh ketua panitia expo, Bapak Ir. Christopher Emille Jayanata tentang penggunaan berbagai bahan kimia yang semakin meluas pada produk pangan dan non pangan yang mengancam kesehatan konsumen dan kelestarian lingkungan. Saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi produk organic sudah mulai berkembang, namun proses edukasi akan tetap dilanjutkan dengan salah satunya melaksanakan Organic Green Healthy Expo.


Dalam opening speech oleh Bapak Elhamy Ellias dari KADIN, disebutkan bahwa partisipan expo ini meningkat pesat dari 40 partisipan di expo tahun 2011, menjadi lebih dari 100 partisipan di tahun ini. Lebih menarik lagi adalah bahwa ragam produk organic ini mulai bervariasi bukan hanya produk makanan – meski produk pangan masih mendominasi, tapi juga produk-produk yang menunjang lifestyle. Diharapkan produk-produk organic made in Indonesia ini akan semakin berkembang baik untuk pasar dalam negeri, maupun pasar ekspor.

Ibu Yasmine Wiryawan dalam pidatonya menegaskan bahwa gaya hidup organic dimulai dari rumah, meski tidak semua produk bisa tergantikan oleh produk organic – karena keterbatasan jenis produk organic yang ada saat ini. Bahan baku untuk menghasilkan produk organic tersedia melimpah, namun proses dan pelaku usahanya masih terbatas. Peran pemerintah adalah menfasilitasi para pelaku bisnis organic agar usahanya semakin berkembang untuk memenuhi kebutuhan produk organic yang semakin meningkat. Ibu Yasmine mengutip data permintaan produk organic dunia yang besarnya di kisaran 10-20 persen dari total pemintaan seluruh produk, yang merupakan promising market in the future.


Opening ceremony ini ditutup dengan pukulan gong oleh Ibu Yasmine Wiryawan dan foto bersama segenap panitia. Setelah opening ceremony, saya mengunjungi booth para peserta expo yang menawarkan berbagai jenis produk organic baik local maupun import yang akan saya share di postingan yang akan datang.

Happy organic lifestyle! 

No comments:

Post a Comment