Thursday, September 6, 2012

Big Tree Farms: Bamboo Chocolate Factory in Bali


Coba bertanya ke teman-teman di Bali, berapa banyak dari mereka yang tahu adanya pabrik coklat organic dengan merek Big Tree Farms? Teman saya di Bali tidak tahu keberadaan Bamboo Chocolate Factory, Big Tree Farms, Bali yang sudah banyak dimuat kisahnya di media luar negeri semacam The Financial Times  dan CNN

Big Tree Farms Chocolate ini unique in many ways. First, pabriknya yang terbuat dari bamboo – yang disebut bamboo cathedral oleh CNN, mencerminkan sustaninability! Coklat yang dihasilkan dari Big Tree Farms ini organics dan raw (diproses dengan suhu di bawah 48 derajat Celcius) yang lagi jadi trend gaya hidup sehat saat ini. Last but not least, bahan baku berupa coklat, palm sugar dan kacang mete alias cashew diperoleh langsung dari petani. Kacang mete didatangkan dari para petani di Flores, palm sugar didatangkan dari more than 4500 petani di Jawa dan biji kakao didapatkan dari para petani di Bali dan Aceh.

Saya berkunjung ke bamboo factory ini setelah usai periode cuti bersama dalam rangka Idul Fitri. Setelah nyasar ke sana sini dan nanya sana sini, sampailah saya di Big Tree Farms chocolate factory di Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung – nama banjarnya Kiatan (di Bali kita lebih mudah menemukan lokasi dengan mengetahui nama banjar nya).



Setelah mengisi buku tamu di kantor security, saya dibawa masuk ke pabrik. Sebelum masuk ke area pabrik, saya diminta membungkus sepatu dengan alas kaki khusus yang disediakan dan mencuci tangan. Area pertama yang saya kunjungi adalah mini store yang menjual produk Big Tree Farms: coklat, palm sugar, cashew, long pepper dan sea salt. Saya disuguhi segelas coklat panas dan dipersilahkan menjajal berbagai jenis coklat yang dihasilkan oleh Big Tree Farms. Yang menarik adalah saya dipersilahkan membuka buah kakao dan mencicipi langsung biji kakao yang belum diproses. Rasanya getir agak pahit dan terasa bergetah. Nice experience hehehehe.




Next, saya diminta menggunakan tutup kepala ala dokter yang mau melakukan operasi dan bergegas mengunjungi area produksi. Sayangnya karena saya mengunjungi pabrik Big Tree Farms di hari pertama masuk setelah libur panjang Lebaran, saya tidak bisa menyaksikan proses produksinya karena proses produksi belum dimulai..hiks sedihnya. Tapi saya tetap dibawa ke berbagai ruang untuk ditunjukkan mesin-mesin pengolah coklat. Bahkan saya diberi sample coklat dengan sea salt. Rasanya unik! Saya baru tahu kalau yang biasa disebut dark chocolate itu menunjukkan kadar the real cacao dalam suatu produk coklat. Dark Chocolate 70% artinya produk tersebut terdiri dari 70% real cocoa dan 30% campuran (biasanya butter, sugar, milk dan sebagainya). Saya juga dibawa melihat kantor di lantai dua. Terakhir di lantai tiga saya bisa menyaksikan aula besar dan melihat langsung atap yang terbuat dari bamboo! Dari lantai tiga ini saya bisa melihat warehouse Big Tree Farms di lantai bawah.




Menutup kunjungan saya ke Big Tree Farms – bamboo factory, saya kembali ke mini store dan berbelanja berbagai produk Big Tree Farms untuk oleh-oleh. Sayangnya produk coklat dari Big Tree Farms belum dipasarkan di Indonesia, kita hanya bisa membelinya langsung di pabrik atau melalui situs Big Tree Farms – link ke website http://www.bigtreefarmsstore.com/home.php



I can’t get enough of this special chocolate! It’s so delicious yet so healthy..yummmmm

No comments:

Post a Comment