Monday, December 24, 2012

A Giving Soul is A Beauty: Gift Giving Study in Jakarta



Suri Cruise mendapatkan kado Natal senilai USD 49K from her mom, Katie Holmes – termasuk diantaranya play house bergaya Victorian lengkap dengan mini Mercedez senilai USD 24K. WOW!



Hari Natal adalah occasion alias event dimana orang-orang  di belahan dunia Amerika, Eropa dan Australia paling banyak memberikan hadiah. Bulan November lalu ketika saya di Australia, pertokoan di sana sudah membagikan catalog untuk Christmas gifts, dan iklan-iklan di televisi sudah menayangkan pilihan hadiah Natal. Christmas dua tahun lalu (tahun 2010), people spent AUD 438 on average to buy Christmas gifts.  Christmas = gift giving time and well, yes gift giving is a big business. 


Do you buy Christmas gifts this year? If yes, how much money did you spend for Christmas gifts? What sort of gifts did you buy? Penasaran dengan gift giving ini, saya sempat melakukan small research dengan less than 150 respondents tentang gift giving di Jakarta. Saya penasaran, apakah seseorang memberikan tipe hadiah yang berbeda untuk tipe orang yang berbeda? Misalnya, apakah seseorang akan memberikan hadiah tas dan baju dan aksesoris fashion untuk teman dekat saja, atau juga diberikan ke keluarga jauh dan boss nya?

Hasil survey kepada responden yang berusia di atas 18 tahun ini menunjukkan bahwa ternyata di Jakarta, birthday masih jadi the most important occasion buat kasih kado. Dan ternyata seseorang akan memilihkan jenis kado yang berbeda buat tipe orang yang beda.. Untuk kado buat diri sendiri (oneself), jangan tanya, semua jenis hadiah pastinya OK hehehe..

Note: tanda v menunjukkan kecenderungan/ tendency of giving a certain type of gift

 
Kecenderungannya memang “the closer the relationship, the more personal the gift and the more varieties the gift given”. Kita akan kasih hadiah yang lebih personal, lebih mahal, ke close circle of relationship – pasangan, teman dekat, keluarga dekat. Dan karena kita dekat dengan orang-orang di close circle itu, kita jadi tahu karakter, personality nya yang membuat kita jadi bisa memikirkan berbagai jenis kadonya.

At last, Happy Christmas to all of you who celebrate it.. May the love that filled the manger on that holy Christmas night live in our hearts and homes this Christmas to make the season bright.. Wishing you His Love and Joy at Christmas and always…

No comments:

Post a Comment