Friday, July 20, 2012

Balinese Boreh di Martha Tilaar Salon and Day Spa


Berawal dari badan yang greges greges akibat kurang tidur selama hamper seminggu, hari minggu lalu saya pengen banget ke spa, khususnya mencari Boreh Bali. Dan saya end up memanjakan diri di Martha Tilaar Salon and Day Spa di kawasan Tebet. Martha Tilaar Salon and Day Spa ini ditujukan untuk orang-orang sibuk yang mencari spa di tengah kota. Kata sang pendiri, Ibu Martha Tilaar, SPA itu diartikan sebagai  SHUI PANI AMARTA alias air kehidupan. SHUI (dari bahasa China), PANI (dari bahasa India) dan AMARTA (dari bahasa Indonesia) mempunyai arti yang sama, yaitu air dan air adalah komponen utama dari tubuh dan kehidupan. Itu sebabnya SPA diartikan juga sebagai penyembuhan melalui air (retrieved from http://www.marthatilaarspa.com/salondayspa/about.html)
Memasuki bagian depan Martha Tilaar Salon and Day Spa, hidung langsung disergap bau pandan wangi dan mata memandang nuansa kayu dan batu dengan ambience perpaduan Bali dan Jawa yang menenangkan.  

Foto from: http://www.marthatilaarspa.com/salondayspa/about.html
Di bagian receptionist, saya meneliti satu per satu menu yang ditawarkan, mulai dari perawatan rambut, rias wajah, reflexology tangan dan kaki, meni pedi, sampe spa komplit. Anyway, saya tetap keukeh mau Balinese Boreh. Saya beruntung karena meski datang tanpa reservasi, saya bisa langsung ditangani oleh therapist. Saya hanya perlu menunggu kamar disiapkan sekitar 10 menit. Martha Tilaar Salon and Day Spa yang ada di kawasan Tebet ini terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama adalah lantai receptionist dan salon. Lantai ke dua diisi kamar untuk couple dan tempat reflexology dan totok wajah. Lantai tiga terdiri dari 4 kamar spa single yang masing-masing kamar sudah dilengkapi bath tub, tempat sauna mini berikut kaca rias, handuk, bantal dan kimono.

Boreh ini adalah lulur dari Bali yang ingredients nya terdiri dari rempah-rempah yang sifatnya menghangatkan seperti lada hitam, ginger, dan pala, plus ingredients lain seperti kapulaga, kayu manis, ketumbar dan beras. Boreh seringkali disebut sebagai parem Bali karena fungsinya yang menghangatkan dan berkhasiat menyembuhkan masuk angin, flu, demam, sakit kepala dan rematik. Boreh terkenal di Bali untuk menjaga kesehatan. Nah, Balinese Boreh di Martha Tilaar Salon and Day Spa ini dimulai dengan pijatan di seluruh badan, mulai dari posisi tengkurap sampe posisi telentang. Pijatannya menggunakan teknik urut dengan massage oil. Pijatan nya cukup light yang sifatnya merelaksasikan saja. Setelah hampir 1 jam massage, therapist menyiapkan racikan boreh yang kemudian dioleskan di seluruh tubuh. Lulur boreh ini biasanya dibiarkan mengering selama 30 menit dalam kondisi tubuh dibungkus rapat dengan kain atau handuk untuk mendapatkan khasiat ramuan boreh secara maximal. Namun di Martha Tilaar Salon and Day Spa, therapist menyiapkan air hangat dan sabun untuk berbilas segera setelah sekitar 10 menit saya dibungkus dengan lulur boreh. Tapi anyway, 10 menit dibungkus rapat dengan lulur boreh sudah cukup membuat badan saya terasa hangat.

Wedang jahe panas menyempurnakan kunjungan saya untuk Balinese Boreh  spa di Martha Tilaar Salon and Day Spa. Greges greges berkurang, dan saya ready menyongsong minggu kerja yang baru J

No comments:

Post a Comment