Thursday, January 24, 2013

Nature’s Gate: Creme de Mint Natural Toothpaste



Merek pasta gigi apa yang anda pakai? Pernahkah anda mengecek ingredients pasta gigi yang anda pakai? 

Saya? Pake beragam merek pasta gigi dan tidak pernah checking ingredients-nya. Memangnya, what’s wrong with my toothpaste?? Selama ini saya kira toothpaste adalah produk aman – kan kadang ga sengaja tertelan  dan saya baik-baik aja tuh..  Tapi ternyata menurut beberapa sumber, ada kandungan toothpaste yang sifatnya harmful alias berbahaya terhadap kesehatan kita. 

Toothpaste ada yang mengandung beberapa harmful ingredients sebagai berikut:

  • Saccharin and Aspartame – merupakan gula buatan tidak bernutrisi yang memiliki laxative effect
  • Sodium lauryl sulfate (SLS) - detergent agent yang menghasilkan buih ketika kita gosok gigi. Ingredient ini bersifat karsinogen.
  • Sodium hydroxide – dikenal sebagai drain cleaning agent alias pembersih saluran air yang mampet. Ingredient ini biasanya ada di produk pasta gigi yang whitening.
  • Anti-microbial – biasanya tercantum sebagai triclosan atau alcohol atau sodium fluoride/sodium monofluorophosphate. Ingredient ini berpotensi menganggu thyroid dan hormone.

Dari Green Shop (link ke websitenya), saya menemukan natural toothpaste dari merek Nature’s Gate dan saya tergelitik untuk mencobanya. After regularly using this toothpaste selama hampir satu bulan, here is my experience:


Ingredients


Benefit: Membersihkan gigi, mengurangi plak gigi dan menyegarkan nafas, powered by nature.

Detail:
Nature’s Gate toothpaste ini tekturnya crème dengan warna putih susu. Ketika digunakan, rasa mint nya cukup strong dan lumayan berbusa meski engga mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Setelah gosok gigi, rasa mint masih tertinggal di rongga mulut dan gigi terasa bersih dan kesat.Yang paling menonjol dari produk ini adalah kemasannya yang beda dari pasta gigi lain. Warna hijau dan putih yang mendominasi plus label yang dipasang di posisi vertical (sementara produk lain cenderung pake label di posisi horizontal), membuat produk ini terlihat cool dan natural. Kemasan toothpaste yang (tampaknya) terbuat dari plastic laminate dalam bentuk tube ini membuat penggunaannya jadi lebih gampang dan ramah lingkungan. Kemasan kotaknya juga colorful dan informative. Love it!


Drawback:
Teksturnya agak watery, ada kecenderungan pasta giginya jatuh pada saat kita gosok gigi. 

PS: Sebelumnya saya pernah nyobain varian Nature’s Gate toothpaste gel yang Wintergreen. Teksturnya berbentuk gel dengan warna transparent dan nyaris tidak ada rasanya, tidak berbusa juga.


No comments:

Post a Comment