Monday, January 7, 2013

Natural vs. Organic Skin Care


Di bulan Desember 2012 lalu, saya menghadiri sebuah forum diskusi yang diadakan oleh salah satu marketing research institution di Jakarta, yang mengambil tema tentang natural skincare. Di dalam diskusi itu, saya mempelajari beberapa point penting:
  • Definisi natural dan organic skincare yang simpang siur. Apakah skin care yang mencantumkan claim “traditional”, “natural” dan “halal” itu pasti natural dan organic?
  • Beauty products yang dianggap penting oleh peserta adalah di sekitar decorative products alias make up dan perfume, termasuk diantaranya: bedak, mascara dan lipstick. 
  • Rendahnya awareness tentang pentingnya menggunakan produk skincare yang natural dan organic  
  • Rendahnya awareness mengenai kaitan dan dampak social and environment dari penggunaan skincare products. Skin care dan beauty products simply dikaitkan dengan fashion trends only.  
  • Skincare products itu engga mereflesikan who we are.. jadi slogan I am what I wear ga berlaku buat skincare – kecuali untuk perfume.
Dari hasil diskusi tersebut, saya jadi gatel pengen nulis tentang definisi natural dan organic skin care. Saya gregetan juga dengan banyaknya produk yang mengklaim sebagai organic produk atau natural tapi sebenernya organic atau natural ingredients –nya masih less the standard untuk disebut natural dan organic.

Menurut Wikipedia, yang disebut natural skin care products adalah all skin care products yang menggunakan herbal atau botanicals ingredients. Definisi ini cukup luas cakupannya dan engga detail. Banyak skincare products diberi label “natural” hanya karena dari sekian banyak jenis ingredients yang dipakai, terdapat aloe vera atau shea butter. Sama kasusnya dengan label organic. Organic – according to Paula’s Choice, means all ingredients are plant-sourced ingredients that are cultivated without the use of synthetic chemicals, irradiation, or pesticides. If you find a product with “organic” label, please check carefully, is it really organic or not? Sometimes they only have few organic ingredients in the list.


An easy guide to buy natural and organic product is to read the ingredients – it means  we have to learn a lot about skin care ingredients. I keep checking the ingredients via EWG website. Otherwise, we can simply rely on the presence of organic certification from USDA Organic and/or ECOCERT. Those two are two accredited institutions that provide organic certification for food, farm, skin care, textiles, etc. To have USDA Organic logo, a product should contain at least 95% organic ingredients. Meanwhile ECOCERT will certain you that the product will contain at least 50 to 60% - according to Green Organics Australia 

Love yourself…. Buy the real natural skin care.. 

No comments:

Post a Comment