Wednesday, August 8, 2012

For Your (tired) Eyes Only



Pekerjaan dan sekolah saya menuntut saya untuk berada di depan layar monitor computer dalam jangka waktu cukup lama per harinya – apalagi kalo pas ngerjain tugas kayak sekarang.  Plus, after office hour, saya masih hobby melototin monitor dari handphone maupun gadget. Jelas eEfek berlama-lama di depan monitor ini adalah ke mata.. Mata lelah, pedih, kering dan kadang kalo udah saking capeknya, mata jadi merah. Apa karena kena radiasi monitor ya???

Menurut Syahrul Humaidi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, layar monitor memang memancarkan radiasi. Radiasi layar monitor ada beberapa jenis, yaitu: sinar X, sinar ultraviolet, gelombang mikro dan radiasi elektromagnetik frekuensi rendah dan sangat rendah. Radiasi sinar ultraviolet ini menyebabkan kasus seperti katarak dan penuaan kulit, terutama kulit wajah. Mata pedih, berair dan merah justru bukan disebabkan oleh radiasi, tapi karena kelamaan nongkrongin layar monitor. Nah lho….

Well,  saya mau share 3 senjata yang saya pake buat mengurangi kelelahan mata akibat memandangi layar monitor berlama-lama

1.    Kacamata
Saya sengaja pesen kacamata anti radiasi di Optik Seis. Saya cuma bilang kalo saya kerja berlama-lamaan di depan monitor dan butuh kacamata buat melindungi mata. Kacamata ini pake lensa plano alias lensa normal dan Transitions (ini lensa yang warnanya jadi abu-abu ketika di bawah sinar matahari). Dampak pake kacamata ini cukup mengurangi mata letih – dunno juga kalo sebenernya cuma sekedar sugesti hehe.



2.    The Body Shop Aqua Eye Mask
Sebelum dipake, eye mask ini ditaruh di fridge selama sejam atau direndam di air panas. Saya biasanya menyimpannya di kulkas dan dipake malam hari sebelum tidur. Jangan langsung meletakkan eye mask ini ke daerah mata. Sebaiknya letakkan kain untuk menghindari kontak langsung eye mask dengan mata – ini ditulis di kemasannya. Buat saya, aqua eye mask ini adalah cara instant mengurangi kelelahan mata. Oh ya, eye mask ini engga ada batas kadaluarsanya ya.



3.    Rohto Tears
Kalo mata sudah pedih dan berasa kering, saya pake Rohto Tears yang dikemasannya disebut sebagai “air mata buatan”. Cukup dua tetes untuk masing-masing mata, maximum 3 kali sehari,  untuk mengatasi mata kering. Pakai only if necessary aja. 




Ada masukan lain kah untuk mengatasi mata lelah, pedih, kering dan merah akibat berlama-lama di depan layar monitor? Share di sini yaaa….

No comments:

Post a Comment