Friday, June 22, 2012

Shakeology Diet


Shake Diet

Apa sih Shake diet?  Shake diet adalah formulasi makanan pengganti alias meal replacement dua kali sehari – menggantikan sarapan dan makan malam, dimana formula shake ini mengandung protein tinggi dan rendah karbohidrat yang ditujukan untuk program penurunan berat badan.  Itu sebabnya Shake diet sering disebut High-Low diet, alias diet tinggi protein, rendah carb. Penyajian shake diet ini biasanya dengan mencampurkan formula shake dengan air dingin dan dikocok dalam shaker (botol pengocok) sampai tercampur dengan sempurna dan berbuih. Penyajian Shake diet ini mengingatkan kepada cara penyajian milk-shake J

Well, jika mengkonsumsi produk shake diet, dianjurkan untuk banyak banyak minum air putih. Why? Ada beberapa alasan:
1.    Minum banyak air putih membantu system tubuh kita untuk membuang toxin. Diet tinggi protein pada dasarnya memproduksi lebih banyak uric acid yang bisa terbuang jika kita minum banyak air putih.
2      Ketika kita mengurangi carb intake, maka tubuh kita akan membakar lemak yang sekaligus memproduksi ketones dalam darah. Ketones ini merupakan senyawa toksin yang diproduksi secara natural dalam tubuh ketika terjadi pembakaran lemak. Nah, ketika ada banyak ketones dalam darah, tubuh kita membuangnya melalui urin. Tanpa banyak minum air putih, kita akan dehidrasi.

Nah, di tulisan saya yang sebelumnya, saya sudah mengulas tentang Herbalife Diet dan dampak diet ala Herbalife. Herbalife merupakan salah satu pioneer Shake diet yang mulai memasarkan formula Shake Diet nya di tahun 1980. Bahan utama formula satu Herbalife yang merupakan Shake diet product ini  adalah soy protein. Di Indonesia, ada tiga rasa yang available, yaitu Dutch Chocolate, French Vanilla dan Wild Strawberry. Jumlah kalori per penyajian (dengan 2 sendok takar Herbalife) adalah 80 Kcal. Namun bila formula ini dicampurkan dengan susu rendah lemak, jumlah kalori per penyajiannya menjadi 170 Kcal. Nah, saya malah sering mencampurnya dengan Buavita, one shot of espresso, fruity Twinning tea dan berbagai jenis juice yang lain – engga jelas deh berapa jumlah kalorinya hahaha.

Tampaknya Shake diet ini lagi popular. Sejumlah perusahaan mulai launching produk Shake Diet. Adalah Oriflame yang launching NutriShake di Indonesia di bulan February 2012. NutriShake ini available dalam dua rasa, Strawberry dan Vanilla. Adapun kandungan utama dalam NutriShake adalah kandungan serat alami yang tinggi ditambah kandungan sumber protein yang berasal dari susu, kacang polong dan telur. Cara penyajian juga di-shake dalam shaker dan disarankan untuk diminum dua kali sehari, 30 menit sebelum makan siang dan makan malam. Terus terang, saya belum menjajal produk ini karena menurut hemat saya, Shake Diet ala NutriShake ini bukan meal replacement sehingga cukup repot karena setelah dengan mengkonsumsi produk ini, saya masih tetap harus makan siang dan malam.

Di bulan April 2012, Amway Indonesia meluncurkan produk Shake Diet nya, Positrim. Positrim ini available dalam dua rasa, Cocoa dan Café Au Lait. Kandungan dalam Positrim ini adalah skimmed milk yang dipadu dengan soya – dikatakan bahwa soya dalam produk Positrim ini adalah organic soya.
Saran penyajiannya adalah dengan mencampurkan Positrim dengan 250 ml milk – bisa low fat ataupun skimmed milk, tergantung selera. Menariknya Positrim ini tidak perlu di-shake. Formula Positrim bisa tercampur dengan sempurna hanya dengan diaduk saja. Adapun jumlah kalori per penyajian – dicampur dengan air saja, adalah 170 Kcal.  Positrim disarankan untuk diminum sehari dua kali sebagai pengganti sarapan dan makan malam. Nah, karena salah satu rasa yang ditawarkan adalah Café au lait dan merupakan meal replacement, saya nekad mencoba produk yang engga murah ini.  Rasa kopinya cukup memuaskan, namun sayangnya, karena produk ini mengandung skimmed milk, saya diare hebat setelah mengkonsumsinya L Untuk anda yang lactose intolerant seperti saya, hati-hati dalam mengkonsumsi produk ini…
At the end…saya tetap stick to Herbalife…dan berharap di tahun-tahun ke depan Herbalife Indonesia merilis berbagai flavor yang menggiurkan seperti Caffe Latte, Cream and Cookies, Mint Chocolate sampai Pina Colada yang saat ini cuma available di US. Sluurrrppp J

No comments:

Post a Comment