Wednesday, June 5, 2013

Bersih Sehat Menteng, Jakarta

 Minggu lalu, teman baik saya, Ibu Adry, mengajak saya untuk menjajal pijat di tempat pijat yang terkenal seantero Jakarta, Bersih Sehat, yang berada di kawasan Menteng – tepatnya di KH Wahid Hasyim 106, yang merupakan pusatnya Bersih Sehat. Sebagai pecinta massage dan reflexology, saya antusias mencoba pijat di tempat yang saya belum pernah coba sebelumnya.




Bersih Sehat ini berdiri tahun 1983 dan merupakan tempat pijat yang memiliki sertifikat ISO 9001 – yang menunjukkan akreditasi terhadap kualitas system manajemen dari suatu organisasi.  Sertifikat ini memberikan assurance bahwa Bersih Sehat mestinya punya prosedur baku penerimaan booking, prosedur pijat, sampe prosedur bayar dan kalo dibutuhkan, prosedur complain. Bersih Sehat ini menawarkan menu pijat dan lulur. Menu pijatnya dikategorikan berdasar waktu – minimal 1 jam. Terdapat beberapa jenis pilihan lulur – termasuk di dalamnya lulur green tea, bengkoang dan coffee. Di beberapa cabang, Bersih Sehat menyediakan sauna dan hair salon.



Receptionist area di Bersih Sehat Menteng bersebelahan dengan restoran Jepang Midori yang merupakan sister company-nya. Teman saya sudah booking sebelumnya, sehingga ketika kami datang, kami tinggal memilih menu dan kemudian receptionist memanggil therapist. Setelah therapist datang, kami diantar ke ruang massage – yang merupakan bilik-bilik yang disekat dengan gorden kain saja. Berbeda dengan tempat spa dan massage yang lain, di Bersih Sehat tidak ada alunan music sama sekali – it’s very quiet!
Setelah saya ready, here is the massage process for 1.5 hours:
  • Posisi telungkup dan badan dipijat dengan injakan kaki – untung mbak therapist-nya kecil hehehehe. Pijatan mulai dari betis, ke paha dan bagian punggung. Pijatan dengan kaki ini berlangsung sekitar 15 sampai 30 menit .
  • Pijatan dilanjutkan dengan tekanan menggunakan telapak tangan dan jari, mulai dari punggung sampai telapak kaki. Tekanannya cukup mantap dan merelaksasikan.
  • Badan dibalur dengan massage oil, pijatan dengan teknik urut dimulai dari telapak kaki ke betis, paha, punggung dan lengan. Pijat urutnya berasa mengendorkan saraf-saraf yang kaku…
  • Posisi telentang: pijatan dimulai dari telapak kaki sampai ke paha dengan menekan menggunakan telapak tangan dan jari, dilanjutkan dengan pijatan teknik urut menggunakan massage oil
  • Pijatan bagian lengan dengan ritme dan metode yang sama.
  • Pijatan bagian pundak dalam posisi telentang dengan massage oil
  • Posisi duduk: pijatan tanpa massage oil di bagian punggung dan pundak, diakhiri dengan tepukan di bagian punggung. Huah, badan jadi berasa lebih segar dan enteng!

Setelah selesai sesi massage, therapist – Mbak Cicih, mempersilahkan jika saya mau mandi – uh ternyata ada tempat bilas, ruang bersolek dan toilet di dalam massage area! Therapist memberikan semacam kuitansi yang berisi menu, nama therapist untuk diberikan ke kasir – ah ini pasti bagian dari ISO 9001 heheheh. Saya pun bergegas mandi kemudian mengenakan kembali baju dan bergegas ke lobby dimana teman saya sudah menunggu dan menyelesaikan pembayaran di kasir dengan menyerahkan kuitansi dari therapist.


Overall, I was satisfied with 1.5 hours massage session at Bersih Sehat. Apakah saya akan kembali? Definitely! Thanks to Bu Adry who introduces me to this place and thanks bu, for the voucher!!

No comments:

Post a Comment